Perbedaan lada putih dan lada hitam dalam masakan

Beda dengan Lada Putih, Ini Manfaat Lada Hitam dalam Masakan



BAGI Anda yang hobi memasak, pasti sudah familiar dengan lada hitam. Aromanya yang khas, memang menjadi salah satu daya tarik rempah-rempah ini.
Jadi jangan heran jika menjumpai lada hitam di berbagai buku resep masakan tradisional Nusantara, hingga masakan khas Western.
Lada hitam sendiri sebetulnya tumbuh dari tanaman yang sama dengan lada putih. Perbedaannya terletak pada proses pengolahan pasca panen.
Untuk lada putih, proses panen dilakukan saat buah benar-benar sudah matang sehingga warna kulitnya pun masih terlihat segar. Sebaliknya, lada hitam diambil dari buah lada yang hampir membusuk. Buah itu kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Proses pengeringan inilah yang membuat warna kulit lada menjadi kehitaman.
Dari segi rasa dan aroma, kedua jenis lada ini memang memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini turut diungkapkan Astrid Enricka, seorang chef ternama asal Indonesia.
"Kalau lada putih itu aromanya lebih soft (halus) dibandingkan dengan lada hitam. Tetapi dari segi rasa memang lebih 'pedas'. Sedangkan lada hitam, rempah-rempah ini keunggulannya terletak di aromanya yang benar-benar tajam," tutur Astrid kepada Okezone, saat dihubungi via telepon, Selasa (29/11/2016).
Lada hitam sebetulnya memang cocok untuk dijadikan bumbu pelengkap, meski beberapa orang cenderung menggunakan rempah-rempah ini untuk marinasi.
"Kalau untuk aku pribadi, aku lebih suka menggunakannya sebagai bumbu penambah rasa dan aroma. Karena itulah fungsi utama rempah-rempah ini. Coba Anda hirup aroma sup yang baru matang, segarkan? itulah aroma yang dihasilkannya," jelas Astrid.
Lebih lanjut Astrid menjelaskan, ada beberapa jenis masakan khas Indonesia yang tidak boleh luput dari campuran lada hitam seperti, rendang, kaleo, dan berbagai kuliner tradisional Aceh.
"Aku biasanya masak Sie Reuboh (daging rebus) dengan mencampurkan lada hitam dan lada putih. Karena ciri makanan khas Aceh itu terletak aromanya yang sangat kuat,"

Sumber: Okezone

0 komentar:

Posting Komentar