Manfaat lada dalam masakan

MERICA/ LADA


Merica atau lada adalah rempah-rempah yang berwujud  biji -bijian. Lada merupakan komponen penting dalam berbagai masakan baik masakan Indonesia ataupun dunia.

Yang saya tau, merica terdapat dua macam yaitu lada hitam dan lada putih.Namun sebenarnya keduanya berasal dari tanaman yang sama.Lada putih diperoleh dari biji lada yang sudah masak yaitu dengan ciri buah berwarna merah,dan dikelupas kulitnya sehingga menghasilkan lada putih.Sementara lada hitam dipetik ketika buahnya setengah masak dan dijemur bersama dengan kulitnya yang lama-kelamaan menjadi hitam. Lada hitam memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat dibandingkan lada putih.

Manfaat lada pada masakan memberi rasa pedas, hangat,  dan beraroma.Penyajiannya saat ini lada ada yang berupa bubuk terutama lada putih sehingga lebih memudahkan kita dalam menggunakannya.

Beberapa masakan yang menggunakan lada sebagai bumbu utamanya antara lain, sayur sop, orak-arik, Sapi lada hitam, Kepiting lada hitam, Mie goreng, Mie godog Jawa,Steak dan masih banyak lagi.





0 komentar:

Posting Komentar